Analisis Hubungan antara Karakteristik Pasien umum dengan proses keputusan pengambilan keputusan dalam memanfaatkan Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2005

ABSTRAK

EMILIA HANDAYANA, Analisis Hubungan antara Karakteristik Pasien umum dengan proses keputusan pengambilan keputusan dalam memanfaatkan Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2005 (dibimbing oleh Widodo J. Pudjirahardjo dan Syahrir A. Pasinringi).

Apotek rumah sakit selain sebagai penunjang kecepatan dan kualitas pelayanan juga dibutuhkan sebagai pusat pendapatan di rumah sakit. Jumlah lembar resep pasien umum yang masuk di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2004 hanya 23,7 % dari total kunjungan rawat jalan atau poliklinik, dengan demikian kinerja pelayanan apotek rawat jalan belum mencapai hasil yang maksimal.

Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pasien (perilaku membeli, kelas sosial, pilihan tentang apotek dan pelayanan obat, motivasi bell obat, dan persepsi terhadap harga obat) dengan proses keputusan pasien umum memanfaatkan Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Penelitian di laksanakan di Rawat Jalan Rumah Sakit dr. Wahidin Sudirohusodo dengan metode survey dan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling berdasarkan jenis poliklinik dengan jumlah sampel sebanyak 200 pasien (100 pasien yang memanfaatkan dan 100 yang tidak memanfaatkan apotek RSWS), data dianalisis dengan uji chi square pads alpha 0,05 dan dilanjutkan dengan uji coefisien phi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan lima karakteristik pasien yang dianalisis, maka terlihat bahwa lokasi menjadi faktor utama dalam tahap pencarian informasi dan faktor harga menjadi pertimbangan utama dalam tahap proses evaluasi. Kedua faktor ini memberi pengaruh besar dalam pengambilan keputusan memanfaatkan atau tidak memanfaatkan Apotek Rawat Jalan RSVVS.

Key word: Informasi lokasi, harga dan keputusan membeli

ABSTRACT

EMILIA HANDAYANA. The analysis of the relationship between the characteristic of public patient in the process of decision-making to utilize the dispensary unit at Dr. Wahidin Sudirohusodo Hospital Makassar in 2005. (Supervised by Widodo J. Pudjirahardjo and Syahrir A. Pasinringi).

Dispensary unit in the hospital was the unit to make the service faster, to improve the service quality and to be revenue centre in the hospital. The number of prescription from public patient was only 23,7% in Dr. Wahidin Sudirohusodo Hospital in 2004 from the total prescriptions of the outpatient service or polyclinic, therefore the performance of the dispensary unit was still not maximal.

The aim of the study was to identify the relationship between the characteristic of public patient (buying behavior, social class, the choice to utilize dispensaries and their services, motivation to buy medicine, perception on the medicine price) in the process of decision-making to utilize outpatient dispensary unit at Dr. Wahidin Sudirohusodo Hospital.

The research was survey study with cross sectional approach. The sample was taken using stratified random sampling techniques from different polyclinics. The total sample was 200 patients (100 patients utilized the dispensary unit, and 100 patients did not utilize the dispensary unit). The data was analyzed using chi square test and continued with coefficient phi test.

The result of the study showed that from five characteristics of the public patient analyzed, location of the dispensary was the most important factor in the process of information-seeking, whereas the price was the main consideration in the evaluation process. The two factors had significant influenced in the process of decision-making whether to utilize the outpatient dispensary unit or not.

Keywords: Information on the location, price, and decision making to buy.

Kesimpulan

Dari hasil penelitian tentang hubungan antara karakteristik pasien dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo disimpulkan sebagai berikut:

1.       Terdapat hubungan yang signifikan antara kelas sosial meliputi tingkat penclapatan dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS, mulai dari tahap pencarian informasi, evaluasi alternatif sampai pads keputusan untuk memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS.

2.       Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku membeli pasien meliputi kesukaan pads obat jenis tertentu, kualitas obat clan tingkat harga, model pelayanan clan penyerahan obat, serta antrian clan posisi loket dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS.

3.       Terdapat hubungan yang signifikan antara pilihan tentang karakter apotek yang disukai responder, perlakuan pasien bila sakit ringan, pendapat pasien tentang obat mahal lebih manjur dari pads obat murah, serta pelayanan antar obat dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS.

4.       Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi bell obat meliputi kelengkapan obat, harga obat, kenyamanan ruang tunggu, dan sikap ramah petugas dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS.

5.       Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap harga obat dengan proses pengambilan keputusan pasien umum memanfaatkan apotek rawat jalan RSWS.

Saran

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di apotek rawat jalan di Rumah Sakit dr.Wahidin Sudirohusodo maka dapat disarankan sebagai berikut :

1.      Pemanfaatan obat generik dan obat bermerek dalam negeri masih banyak diperlukan sebagaimana yang di inginkan oleh pengguna jasa, oleh karena itu penulisan obat generik oleh dokter harus ditingkatkan, hal ini perlu di dukung dengan SK Direktur Rumah Sakit atau kebijakan lain yang telah ada.

2.      Dokter dan perawat harus banyak menyampaikan, mengarahkan atau menginformasikan ke pengguna jasa yang menerima resep bahwa obat dapat diperoleh di apotek rawat jalan RSWS. Hal ini perlu di dukung adanya pemberlakuan protap yang ada di seluruh poliklinik.

3.      Untuk meningkatkan keputusan pembelian pengguna jasa maka perlu dilakukan penataan Internal Apotek antara lain : Kelengkapan obat, Ruang tunggu yang nyaman, Pelayanan dipercepat, jSistem antrian diperbaiki, dengan pemberian nomor urut dan pembenahan loket.

4.      Perlu dilakukan survey terutama terhadap obat fast moving di apotek sekitar Rumah sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo agar bisa dilakukan evaluasi terhadap harga yang telah diberlakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Aditama, T. Y. 2002. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi Kedua, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Alma B. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Keempat, Penerbit Alfa Beta, Bandung.

Anief, M. 1995. Manajemen Farmasi. Yogyakarta, Gadja Mada University Press

Brown T.R. 1992. Hand book of Institutional Pharmacy Practice. Third Editors, Singapore, Prentice Hal.

Dever, D.G.A. 1998. Epidemiologi in Helth Service Management. The Epidemiology of Helth Services Utilization. Rocville Maryland, An Aspen Publicaton.

Engel, J.F. Blackwell R.D, Maniardi P.W, Perilaku Konsumen. Edisi ke Enam, Jilid 1

Gibson, Ivancecivh, Donnelly. 1997. Organisasi Perilaku, Struktur, Proses. Jilid 2, Jakarta : Binarupa Aksara.

Kanuk L. 2004. Consumer Behavior. Eight Edition, Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Alih Bahasa Teguh H Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Alih Bahasa :Wasana J. Jakarta : Prenhallindo

Kotler, P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Ed 10, Jilid, Jakarta. PT. Prenhallindo

Kotler , P. 2002. Manajemen Pemasaran. Ed. 10, Jilid 2, Jakarta PT. Prenhallindo

Kotler, P & Amstrong, G. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed 8, Jilid 1, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kamar K, Subramanian R, Youger C. 1997. Performance  Oriented. Toward a Successful Strategy, Health cara Oranization face tougher competition, market orientation concept steps up to target performance goals. Journal of marketing Health Services.

Lovelock, Christoper, Wirts, Jochen, & Keh, Hean. 2002. Service Wareking in Astat Managing People, technology & Strategy. Singapore, Prentice Hall.

Lumenta, B. 1989. Hospital, Citra, Peran & Fungsi (Tinjauan Fenomena Sosial). Kanisius .

Mangkunegara, AP. 1998. Pengantar ilmu Perilaku Kesehatan. Badan Penerbit Kesehatan Masyarakat, FKM Universitas Indonesia.

Rangkuti F, 2003. Mesuring Customer Satisfaction, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN – JP. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti F., 1997. Riset Pemasaran. Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pusaka Utama, Jakarta

Santoso, S. 2004. Mengatasi berbagai masalah statistik dengan SPSS versi, 11.5. Cetakan kedua, Jakarta. PT. Elex Media, Komputindo.

Setiadi, N. 2003. Prilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian. Edisi Pertama, Prenada Media, Jakarta.

Strasser S, Schweikhart S & welch GE. 1995. Satisfaction With Medical Care  It’s easier to please than their family members and friend. Journal of Health Care Marketing. 15 (3) pp. 34-43

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta Andi Offset

Zainuddin, Muhammad. 2000. Materi Kuliah Metodologi Penelitian. AKK-MPKPK Universitas Airlangga

Zeithaml VA, Bitner MJ. 2000. Service Marketing, Integrating Customer
Focus Across The Firm. 2″d, Irwin McGraw – Hill Boston.

_________. 2004. Profit Perusahaan. Makassar. Wahidin SudiroHusodo, Makassar

_________.2004. Laporan Tahunan RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Tahun 2004.Wahidin SudiroHusodo, Makassar

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: